Sejarah

SMAN 1 CARINGIN BOGOR

Sejarah Singkat

Nama SMA Negeri 1 Caringin tidaklah muncul begitu saja. Jika ditarik kebelakangn pada Tanggal 15 Juli 2007 SMA Negeri 1 Cigombong  memiliki Kelas Jauh ( KJ ) yang berlokasi di Desa Cimande Hilir Kecamatan Caringin, Tanggal 15 Agustus 2007 Kelas jauh tersebut berubah nama menjadi SMA Negeri 1 Caringin, Berdasarkan Keputusan Mentri pendidikan Nasional No 422.3/423/Kps/Huk/2008 Dengan nomor induk statistik sekolah (NSS) 301020227114 yang pada saat itu masih Berlokasi di SMP Negeri 1 Caringin.


Pada Tanggal 24 Desember 2010 Pemerintah memberikan kepada SMA Negeri 1 Caringin dengan luas tanah 8537m yang berlokasi Jl. H Edi Sukma Km 16 Caringin Bogor Kelurahan Cimande Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor Kode Pos 16730 Telepon/Fax. (0251) 8242246. Kepada sekolah, dan bangunan SMA Negeri 1 Caringin diresmikan oleh Bupati Kabupaten Bogor pada tanggal 09 Februari 2011. Dan SMA Negeri 1 Caringin menjadi Satu satunya SMA Negeri yang berada di Kecamatan Caringin, yang mana masyarakat caringin menggantungkan cita cita nya untuk menjadi penerus bangsa SMAN 1 Caringin .


Pada saat ini penyelenggaran kependidikan di SMA Negeri 1 Caringin  sejalan dengan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta arus informasi pendidikan yang berjalan cepat, perlu diimbangi oleh peningkatan  sarana prasaran sekolah dan pengembangan kualitas tenaga pendidikan melalui pendidikan formal, informal dan non formal dengan harapan agar dapat memberikan pelayanan yang optimal sehingga mampu bersaing dan memiliki rasa percaya diri, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam mempersiapkan dirinya untuk menghadapi perkembangan dan tantangan masa depan.


Pada tahun 2017 SMA Negeri 1 Caringin menjadi sekolah SPMI ( sistem penjamin mutu internal) dengan kata lain SMA Negeri 1 caringin menjadi sekolah model bagi beberapa sekolah binaan diwilayah caring dan sekitarnya dan pada tahun 2019 mendapatkan BOS kinerja sebagai apresiasi dari pemerintah untuk kinerja SMA Negeri 1 Caringin yang meningkat ditiap tahunnya.


Oleh karena itu SMA Negeri 1 Caringin  memerlukan dukungan moril dan materil berbagai pihak ”stake holder” terkait (pemerintah penyelenggaraan kependidikan,  masyarakat peserta pendidikan, masyarakat pengguna hasil pendidikan dan masyarakat pemerhati pendidikan), agar dapat berkembang lebih maju secara internal dan eksternal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk menyelenggarakan proses pendidikan secara profesional, bermutu, dan bertanggung jawab, serta menjadikan SMA Negeri 1 Caringin  sebagai sekolah yang memiliki kualitas pelayanan sekolah berstandar nasional.